Pentingnya Memberi Tugas Praktek Olahraga pada Siswa Kala Pandemi





Tidak dapat disangkal, epidemi memaksakan kita untuk belajar dari rumah semasing. Tahun ajaran ini, semenjak awal menetapkan skema evaluasi daring.
Siswa belajar dari rumah lewat bertemu muka lewat aplikasi zoom. Pekerjaan serta materi diberi di google classroom. Siswa harus akan kurang sekali lakukan olah fisik di dalam rumah.

Untuk guru SD kelas 2 yang mengajar materi PJOK (Pendidikan Jasmani Olahraga serta Kesehatan), saya memberi pekerjaan praktik. Saya membuat beberapa video evaluasi yang didalamnya beberapa contoh pergerakan simpel yang perlu dilaksanakan siswa di dalam rumah.

Siswa belajar dari video yang saya tayangkan mengambil sumber dari buku yang kami pakai untuk belajar. Ada banyak kesusahan, mengingat siswa telah lama di dalam rumah saja. Sebagian dari nereka jadi kurang gerak tubuh.

Oleh karena itu, pekerjaan praktik olahraga perlu diberi. Saya pilih beberapa gerakan simpel yang dapat dilaksanakan siswa di dalam rumah. Pengerjaan video siswa harus juga dalam pemantauan orang dewasa atau orang-tua.

Beberapa pergerakan simpel diantaranya gerak lokomotor serta nonlokomotor. Pergerakan lokomotor mencakup pergerakan yang membuat siswa harus beralih tempat. Misalnya gerak berjalan. Mereka berjalan ke samping, ke belakang, ke depan sekalian memerhatikan teori yang diberi.

Sesaat gerak nonlokomotor ialah pergerakan yang dilaksanakan siswa dalam tempat, jadi mereka tidak beralih tempat. Diantaranya pergerakan melatih kesetimbangan dengan berdiri dengan satu kaki, dengan cara berganti-gantian. bermacam pergerakan macam yang lain, termasuk pergerakan memutar tubuh.

Tidak semua tipe pergerakan yang didalami dibuat pekerjaan praktik. Saya pilih beberapa gerakan spesifik yang kira-kira gampang dilaksanakan serta aman buat beberapa anak di dalam rumah.

Disamping itu, macam yang lain untuk olah gerak tubuh, ada pula beberapa pekerjaan praktik dalam pelajaran tematik seperti SBdP (Seni Budaya serta Keterampilan). Ada materi mengenai bermacam tipe gerak. Dimana siswa akan belajar tentang tipe pergerakan yang dilaksanakan memakai kepala, tangan serta kaki.

Setelah itu siswa pelajari pengaturan pergerakan kepala, tangan serta kaki. Di sini siswa mendapatkan pekerjaan menarik serta mengasyikan. Guru harus mendapatkan langkah kreatif supaya siswa suka juga lakukan pekerjaan praktik tersebit di dalam rumah.

Pekerjaan-tugas praktik itu akan membantu siswa untuk melatih gerak tubuh. Saya ketahui tidak dapat semaksimal waktu dilaksanakan bersama-sama di sekolah. Keseruannya tidak sama, lakukan bersama-sama di sekolah bertambah asyik dibanding lakukan sendiri di dalam rumah.


 

Postingan populer dari blog ini

Konjungsi Planet: Fenomena Unik dan Indah Menghiasi Langit Malam

Integrasi Umat Islam