Mahasisiwa UMM Lakukan Kegiatan Pengabdian Masyarakat



Mahasisiwa Kampus Muhammadiyah Malang lakukan pekerjaan Dedikasi Warga oleh Mahasiswa (PMM), pekerjaan ini dilaksanakan oleh barisan 80 dusun Lebak Lauk desa Sembalun Lawang. Pekerjaan yang dilaksanakan yakni penanaman bahan pengerjaan jamu seperti jahe, kunyit, sereh pada tanggal 21 Agustus 2020.

Beberapa jenis tanaman yang ditanam ialah jahe, kunyit, serta sereh, mengenai beberapa faedah dari tanaman-tanamna ini salah satunya, jahe : memudahkan ngilu otot, memudahkan keram waktu haid, menolong memudahkan rasakan sakit, memperlancar skema pencernaan, kurangi mual mudah, menangani infeksi, turunkan gula darah. Kunyit : menurunkan infeksi, menyembuhkan magh, mengempiskan perut kembung, menurunkan tanda-tanda IBS, kurangi mual, menurunkan ngilu haid, turunkan berat tubuh, mengatur gula darah. Sereh : menahan kanker, obat masalah pencernaan, dektoksifikasi, turunkan tekanan darah.

Sebelum menanam tanaman, step pertama yang penting dilaksanakan yakni membuat media tanam dengan mencampurkan tanah serta pupuk kompos (kotoran sapi, daun-daun kering), setelah itu dimasukkan dalam polybag.

Pengerjaan Media Tanam Pengerjaan Media Tanam

Sesudah dilaksanakan penanaman tanaman bahan jamu kami membuat edukasi bagaimanakah cara membuat jamu untuk di mengonsumsi dengan cara langsung serta untuk diproduksi supaya mempunyai nilai ekonomis pada ibu-ibu PKK. Mengenai beberapa bahan membuat jamu untuk di mengonsumsi dengan cara langsung yakni: jahe, kunyit,sereh, gula merah, garam, asam jawa, madu.

Mengenai langkah pembikinanya yakni : sediakan air seperlunya nantikan sampai mendidih, bila telah panas masukan gula merah, selanjutnya masukan jahe serta kunyit sesui hasrat,kemudian masukan asam jawa, paling akhir imbuhkan garam serta madu seperlunya.

edukasi pengerjaan jamu

Beberapa bahan jamu paket : jahe, kunyit,gula merah, garam, asam jawa. Serta langkah pengerjaan jamu paket yakni : irislah tipis-tipis jahe serta kunyit lantas di keringkan di bawah cahaya matahari semasa satu minggu, setelah kering jus kunyit serta jahe yang telah di keringkan ditambah lagi asam jawa,gula merah, garam lembut, selanjutnya jus semua sampai halus, selanjutnya di kemas dengan paket kecil, serta siap untuk dipasarkan belikan.


Dok. pribadi Pada tanggal 11 September 2020 tanaman bahan jamu telah bertunas, hingga pada tanggal ini kami berkeliling-keliling Dusun untuk membagiakan 3 tipe tanaman (kunyit, jahe, sereh) pada masyarakat seputar sekaligus juga memberi edukasi bagaimanakah cara menanam tanaman itu serta bagaimana merawatnya.


 

Postingan populer dari blog ini

Konjungsi Planet: Fenomena Unik dan Indah Menghiasi Langit Malam

Kisah Kecilku yang Bermakna Besar bersama Radit

Jurnalisme Online dan Jurnalisme Multimedia